JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Perbandingan Penggunaan Video dan Teks dalam Pembelajaran Memahami Cerita Pendek di SMP N 11 Mandau

Faizah, Hasnah (Unknown)
Auzar, Auzar (Unknown)
Rahmi, Annisa (Unknown)
Zulpikal, Zulpikal (Unknown)
Sari, Diana (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran cerpen tidak lagi terbatas pada konvensionalitas teks, melainkan semakin berinovasi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Penggunaan video sebagai media pembelajaran menawarkan pendekatan yang menarik, memadukan elemen visual dan audio untuk memfasilitasi pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi perbandingan tingkat pemahaman siswa terhadap cerpen yang disajikan melalui video dan teks. Metode yang penelitian ini adalah kuantitatif dan pengumpulan data dengan teknik eksperimen. Seluruh siswa kelas IX SMPN 11 Mandau tahun pelajaran 2023/2024 adalah populasi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, serta tes objektif. Hasil penelitian mengungkapkan pemahaman siswa terhadap cerpen melalui video lebih baik dibandingkan menggunakan teks. Hal ini dilihat dari analisis data yaitu nilai rata-rata pemahaman siswa menggunakan video sebesar 89, sedangkan menggunakan teks sebesar 71. Penggunaan media pembelajaran dalam bentuk video pada konteks pembelajaran cerpen di SMP N 11 Mandau terbukti lebih efektif daripada menggunakan teks  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...