Pembelajaran cerpen tidak lagi terbatas pada konvensionalitas teks, melainkan semakin berinovasi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Penggunaan video sebagai media pembelajaran menawarkan pendekatan yang menarik, memadukan elemen visual dan audio untuk memfasilitasi pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi perbandingan tingkat pemahaman siswa terhadap cerpen yang disajikan melalui video dan teks. Metode yang penelitian ini adalah kuantitatif dan pengumpulan data dengan teknik eksperimen. Seluruh siswa kelas IX SMPN 11 Mandau tahun pelajaran 2023/2024 adalah populasi. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, serta tes objektif. Hasil penelitian mengungkapkan pemahaman siswa terhadap cerpen melalui video lebih baik dibandingkan menggunakan teks. Hal ini dilihat dari analisis data yaitu nilai rata-rata pemahaman siswa menggunakan video sebesar 89, sedangkan menggunakan teks sebesar 71. Penggunaan media pembelajaran dalam bentuk video pada konteks pembelajaran cerpen di SMP N 11 Mandau terbukti lebih efektif daripada menggunakan teks
Copyrights © 2024