JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peran Pembelajaran IPS dalam Pengembangan Karakter dan Sosial pada Anak Sekolah Dasar

Sabila, Fika Nayla (Unknown)
Nurbaiti, Iis Siti (Unknown)
Fauziah, Kharisma (Unknown)
Shalihat, Qonita (Unknown)
Rustini, Tin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Pendidikan memiliki peran krusial dalam membentuk individu yang berkualitas dan mampu berkontribusi positif dalam masyarakat. Salah satu pendekatan yang penting dalam pengembangan karakter dan sosial anak sekolah adalah melalui Pembelajaran IPS. Pembelajaran IPS tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga membantu dalam pembentukan individu yang beretika dan berkepribadian. Melalui Pembelajaran IPS, anak-anak dapat memahami nilai-nilai moral, mengembangkan empati, serta memperoleh keterampilan berpikir kritis dan analitis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi lebih lanjut bagaimana Pembelajaran IPS dapat membentuk karakter dan sosial anak sekolah dasar, sehingga mendorong pengembangan pribadi yang holistik dan berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka, yang melibatkan buku, jurnal, dan artikel terkait untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang peran Pembelajaran IPS dalam pengembangan karakter dan sosial anak sekolah dasar. Dengan demikian, Pembelajaran IPS menjadi salah satu instrumen penting dalam menciptakan individu yang berkualitas dan mampu beradaptasi dalam masyarakat yang semakin kompleks.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...