JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peran Guru dalam Membentuk Karakter Islami pada Anak Usia Dini

Fatikhah, Nur (Unknown)
Syahanda, Rahmania (Unknown)
Sakinah, Siti (Unknown)
Syintia, Ulianta (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini membahas peran guru dalam membentuk karakter Islami pada anak usia dini. Karakter Islami yang diharapkan terbentuk pada anak meliputi nilai-nilai kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan akhlak mulia lainnya yang sesuai dengan ajaran Islam. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses ini, mulai dari memberikan teladan yang baik, mengajarkan nilai-nilai agama melalui kegiatan sehari-hari, hingga menciptakan lingkungan yang kondusif untuk perkembangan karakter Islami. Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk menganalisis peran guru, mengidentifikasi metode pembelajaran, evaluasi implementasi pendidikan karakter islami, kolaborasi dengan orang tua, pengembangan rekomendasi, serta kontribusi terhadap literatur pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dan menguraikan hasil-hasil penelitian yang menunjukkan bahwa guru dengan pemahaman mendalam tentang pendidikan Islam serta kemampuan untuk menerapkannya dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh dalam membentuk karakter Islami anak. Selain itu, kolaborasi dengan orang tua juga menjadi faktor penting dalam mendukung pembentukan karakter ini. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa peran guru tidak hanya sebagai pengajar tetapi juga sebagai model dan pembimbing yang mampu mengarahkan anak-anak menuju pembentukan karakter Islami yang kuat sejak usia dini. Penelitian ini menyoroti peran guru sebagai model teladan dalam kehidupan sehari-hari anak-anak. Dengan menekankan bahwa guru harus menghidupkan nilai-nilai Islami dalam setiap tindakan dan interaksi, penelitian ini menambahkan dimensi praktis dan aplikatif dalam upaya pembentukan karakter.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...