JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Hubungan Kecerdasan Sosial dan Kultural dengan Pembelajaran IPS di SD

Rahmawati, Dwini Nurhaeni (Unknown)
Rusdiana, Revita Aprilla (Unknown)
Cahyadiana, Riva Fadilah (Unknown)
Rustini, Tin (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) memiliki peran yang krusial dalam membentuk kecerdasan sosial dan kultural peserta didik. Artikel ini membahas pentingnya memperkuat nilai-nilai keberagaman sosial dan budaya melalui pembelajaran IPS di SD. Melalui pendekatan kontekstual, pembelajaran IPS mampu mengintegrasikan konsep keberagaman sosial dan budaya ke dalam kurikulum, metode pembelajaran, dan penilaian. Dengan demikian, peserta didik tidak hanya memperoleh pengetahuan tentang masyarakat dan budayanya, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial, seperti toleransi, empati, dan kerjasama, serta meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap keberagaman. Pembelajaran IPS yang efektif di SD dapat menjadi landasan penting dalam membentuk karakter yang inklusif dan mempersiapkan peserta didik untuk hidup dalam masyarakat yang semakin kompleks dan beragam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...