Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor, jenis kegiatan, dan manfaat implementasi Pancadharma Ki Hajar Dewantara berbasis literasi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMAN 9 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah Faktor yang mendorong implementasi Pancadharma berbasis literasi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMAN 9 Semarang ialah faktor kebijakan kurikulum merdeka, pelaksaan kurikulum merdeka yang disepakati oleh kepala sekolah, dan pelaksanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis kegiatan yang dilakukan ialah pembelajaran menggunakan aplikasi digital, pembelajaran outdoor learning, pembelajaran dengan menggunakan nilai kebudayaan, literasi dengan membaca bersama di lapangan, serta pembiasaan karakter positif di lingkungan sekolah. Manfaatnya ialah siswa mengetahui makna arti kebebasan dalam berfikir, menjunjung tinggi toleransi dan menghargai budaya, dan utamanya ialah mampu melahirkan generasi muda yang gemar berliterasi terkait kehidupan masyarakat yang bermoral. Selain itu, menumbuhkan pembelajaran yang menyenangkan.
Copyrights © 2024