JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

dari Nusantara ke Dunia: Potensi Bahasa Indonesia sebagai Lingua Franca di ASEAN

Cindi Oktavia Mendrofa (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Medan)
Elisa Br Sebayang (Universitas Negeri Medan)
Meisyara Rivandi Pardede (Universitas Negeri Medan)
Anna Theresia Br Galingging (Universitas Negeri Medan)
Hera Chairunisa (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan tinjauan literatur untuk mengeksplorasi potensi bahasa Indonesia sebagai lingua franca di ASEAN. Berdasarkan data sekunder dari berbagai jurnal akademis dan penelitian sebelumnya, penelitian ini mengkaji prospek dan tantangan dalam memposisikan bahasa Indonesia sebagai bahasa global. Melalui analisis dokumen yang cermat, jurnal-jurnal ini diteliti untuk mengumpulkan informasi dan wawasan yang relevan. Analisis tematik digunakan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan pola, tren, dan tema utama terkait penyebaran dan penerimaan bahasa Indonesia di tingkat global. Proses studi dokumen melibatkan pemeriksaan menyeluruh terhadap literatur yang ada mengenai konteks sejarah, upaya saat ini, dan kemungkinan masa depan bahasa Indonesia untuk mendapatkan pengakuan internasional, khususnya di ASEAN. Pendekatan komprehensif ini memastikan pemahaman mendalam tentang faktor-faktor yang mungkin mendukung atau menghambat meluasnya adopsi bahasa Indonesia sebagai lingua franca di ASEAN.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...