JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Media Pembelajaran E-comic Berbantuan Pixton terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa

Alfira Zahra Ramadhani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yani Setiani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Aan Subhan Pamungkas (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya motivasi belajar matematika siswa yang disebabkan oleh kurang bervariasinya media pembelajaran yang digunakan. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh media pembelajaran e-comic berbantuan Pixton terhadap motivasi belajar Matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan instrumen angket motivasi belajar yang dilakukan di kelas VII 6 SMPN 3 Tigaraksa dengan jumlah siswa 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dengan nilai rata-rata motivasi sebelum perlakuan sebesar 49,178 dan setelah perlakuan meningkat menjadi 59,107, dengan nilai N-Gain sebesar 0,659 atau 66% yang masuk dalam kategori cukup efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...