Penelitian ini merupakan penelitian tentang efektifitas penggunaan campur kode dalam pembelajaran akademik di jurusan Bahasa Inggris. Tujuan utamanya adalah untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan campur kode dalam proses pengajaran dan pembelajaran di kelas, serta memahami persepsi siswa terhadap penggunaan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan 10 mahasiswa dan satu dosen dari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan. Hasil menunjukkan mayoritas responden setuju dengan penggunaan campur kode dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris, menganggapnya sebagai alat yang alami dan efektif untuk berkomunikasi. Namun, terdapat juga perbedaan pendapat mengenai dampaknya terhadap perkembangan keterampilan berbahasa Inggris. Temuan ini memberikan wawasan tentang kompleksitas penggunaan campur kode dalam pembelajaran bahasa Inggris, dan menyoroti pentingnya pendekatan yang seimbang dalam mengelolanya di lingkungan akademik. Kesimpulan ini penting untuk menginformasikan praktik pengajaran yang lebih efektif dan mempersiapkan mahasiswa untuk komunikasi lintas budaya yang lebih baik.
Copyrights © 2024