JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Pengawasan Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan dalam Pendistribusian Gas LPG (Liquefied Petroleum Gas) Subsidi 3 Kg di Kota Medan

Naomi Angelina Siahaan (Universitas Sumatera Utara)
Wiro Oktavius Ginting (Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana pengawasaan pendistribusian gas LPG subsidi 3 kg yang dilakukan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian, Dan Perdagangan Kota Medan. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini berlokasi pada Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian, Dan Perdagangan Kota Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian, Dan Perdagangan sudah memiliki SOP yang jelas dalam pembelian gas LPG subsidi 3 kg, tetapi pengukuran yang tidak akurat, perbandingan target dan realisasi belum yang sempurna serta tidak adanya tindakan tegas yang dilakukan untuk meminimalisir masalah. Masalah gas LPG ini terjadi dikarenakan kurangnya koordinasi pengawasan antara instansi terkait, belum optimalnya pengawasan atau kontrol dari tingkat Provinsi maupun Pusat, serta belum terlaksananya koordinasi pengendalian dalam menyelesaikan masalah yang ada. Hal ini dapat menjadi dasar untuk evaluasi ulang dan sosialisasi kembali kebijakan kepada penyalur terutama dalam hal jual gas, serta bertindak lebih tegas dalam menerbitkan pengecer yang semakin hari kian bertambah. Kemudian mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mengantisipasi adanya perbedaan harga jual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...