JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Geografi

Resti Yolanda Putri ((1) Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Padang)
Yurni Suasti (Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Padang)
Ernawati Ernawati (Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode mind map sebagai instrumen penilaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Dengan sumber data sebanyak 10 artikel jurnal yang diperoleh dengan melakukan pencarian melalui internet dan didukung dengan buku-buku terkait. Adapun tahapan dalam menyusun artikel ini diawali dengan mencari dan mengumpulkan berbagai data kepustakaan, disitasi dengan menggunakan bantuan Mendeley, dan dianalisis dengan melakukan perbandingan antara satu hasil penelitian dengan hasil penelitian lainnya. Hasil studi menunjukkan adanya perbedaan temuan kunci di berbagai kajian artikel. Siswa yang difasilitasi dengan pembelajaran geografi menggunakan mind mapping memiliki kreativitas, keaktifan, dan kognitif yang baik serta hasil belajar yang tinggi. Oleh sebab itu berdasarkan studi literatur yang diperoleh maka penerapan mind mapping dalam pembelajaran geografi dapat memberikan memiliki manfaat diantaranya, meningkatkan pemahaman konsep geografi, meningkatkan daya ingat, memngembangkan keterampilan berpikir kritis, dan meningkatkan keterampilan belajar mandiri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...