Pengembangan kurikulum pendidikan agama islam merupakan susunan, pelaksanaan, penilaian dan penyempurnaan untuk menghasilkan kurikulum yang efektif. Adapun karakteristik pengembangan kurikulum dapat dilihat pada aspek: pengidentifikasian tujuan pendidikan, kegiatan sekolah yang dirancang harus sesuai dengan prosedur dalam mengembangkan kurikulum, sesuai dengan kebutuhan anak didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan menganalisis dokumen yang terkait pembahasan dan dianalisa secara sisrematis. Dalam konteks pendidikan di Madrasah, sebagai sekolah umum yag berciri khas agama islam, maka faktor mutu guru dan tenaga kependidikan lainnya tersebut perlu dipersiapkan secara matang terutama dari segi wawasan akademis-religiusnya, agar makna substansial madrasah dapat tertangkap dengan baik. Mutu proses pendidikan juga perlu didukung oleh tenaga guru dan tenaga kependidikan lainnya yang relevan dengan kebutuhan madrasah.
Copyrights © 2024