Pengembangan Media E-Comic ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan, kepraktisan, dan keefektivan dari produk yang dikembangkan yaitu media elektronik Komik. Metode research & development terdapat 5 tahapan penelitian yaitu analisis, desain, pengembangan, pengimplementasian dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, angket dan tes. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan suatu produk yaitu Media E-Comic berbasis model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran pendidikan pancasila dengan hasil validasi dari media sebesar 82,35% dan materi sebesar 81%. Media juga diuji kepraktisannya oleh guru kelas IV SD Negeri 107504 Sei Rotan dengan nilai 86% yang menyatakan bahwa media Sangat Praktis dan media dinyatakan efektif dengan hasil tes peserta didik yang meningkat. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Media E-Comic berbasis model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran pendidkan pancasila yang dihasilkan dinyatakan layak, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024