JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan Media E-Comic Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila SD Negeri 107405 Sei Rotan

Putri Mayang Sari (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Medan)
Apiek Gandamana (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Medan)
Irsan Irsan (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Medan)
Putri Afriadi (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Medan)
Try Wahyu Purnomo (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Pengembangan Media E-Comic ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan, kepraktisan, dan keefektivan dari produk yang dikembangkan yaitu media elektronik Komik. Metode research & development terdapat 5 tahapan penelitian yaitu analisis, desain, pengembangan, pengimplementasian dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, angket dan tes. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan suatu produk yaitu Media E-Comic berbasis model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran pendidikan pancasila dengan hasil validasi dari media sebesar 82,35% dan materi sebesar 81%. Media juga diuji kepraktisannya oleh guru kelas IV SD Negeri 107504 Sei Rotan dengan nilai 86% yang menyatakan bahwa media Sangat Praktis dan media dinyatakan efektif dengan hasil tes peserta didik yang meningkat. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Media E-Comic berbasis model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran pendidkan pancasila yang dihasilkan dinyatakan layak, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...