JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peran Bimbingan Guru Dalam Menanamkan Sikap Rasa Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudhatul Athfal As Syaamil Kota Padang

Desmariani, Evi (Unknown)
Sukandar, Warlan (Unknown)
Jendriadi, Jendriadi (Unknown)
Nofriyanti, Yelva (Unknown)
Fera, Afni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat proses pembelajaran terlihat rasa tanggung jawab anak sudah berkembang sesuai dengan tahap perkembangannya, dimana anak sudah mampu meletakkan kembali barang yang telah digunakan pada tempatnya dan juga anak suka membantu guru dalam menyiapkan alat makan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran bimbingan guru pada perkembangan sikap rasa tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal As Syaamil Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan apa yang ada sesuai dengan data di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sebagai model/figur yang ditiru oleh anak, sebagai pelatih guru mengajarkan anak bagaimana tanggung jawab itu, motivator guru selalu mengingatkan dan memberi semangat anak, guru selalu menilai setiap perkembangan anak. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa peran bimbingan guru dalam menanamkan sikap rasa tanggung jawab anak usia 5-6 tahun sudah terlaksana dengan baik di Raudhatul Athfal As Syaamil Kota Padang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...