JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa

Andini Wulansari (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yani Setiani (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Aan Subhan Pamungkas (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Minimnya penggunaan media pada pembelajaran matematika berdampak pada rendahnya motivasi belajar matematika siswa. Dengan demikian, dilakukan pengembangan media pembelajaran berbasis android berbantuan Smart Apps Creator untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak, didasari oleh hasil penilaian oleh ahli materi sebesar 75% dengan kategori layak, penilaian oleh ahli media sebesar 73,81% dengan kategori layak, dan penilaian oleh ahli pendidikan sebesar 98,08% dengan kategori sangat layak. Kemudian media pembelajaran yang dikembangkan juga teruji sangat praktis, terlihat dari hasil penilaian oleh guru yang memperoleh persentase rata-rata sebesar 100% dengan kategori sangat praktis, dan penilaian oleh murid yang memperoleh persentase rata-rata sebesar 84,38% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya media pembelajaran yang dikembangkan terbukti cukup efektif untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dilihat dari hasil uji N-Gain yang memperoleh nilai 0,602. Berdasarkan hal tersebut, maka media pembelajaran yang dikembangkan teruji layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...