JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

“Objek dan Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Islam”

Tarigan, Mardinal (Unknown)
Ningsi, Klara Putri (Unknown)
Nasution, Tania May Sabrina (Unknown)
Fauziyah, Tryana (Unknown)
Putri, Cici Ramadhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Filsafat pendidikan Islam merupakan analisis filosofis terhadap lapangan pendidikan yang bersumber dari Al-Qur'an, Al-Hadith, dan pandangan filosof Muslim. Kajian ini mencakup pemahaman mendalam tentang Tuhan, manusia, dan alam, serta konsep-konsep pendidikan Islam. Pada tingkat makro, objek kajian berfokus pada hakikat Tuhan, manusia, dan alam yang melampaui pengetahuan biasa. Sementara itu, pada tingkat mikro, kajian menyoroti pemikiran sistematis, terpadu, dan universal tentang tujuan, pendidik, anak didik, alat pendidikan, dan lingkungan pendidikan dalam Islam. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai Objek Dan Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Dan Filsafat Pendidikan Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan Dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) yang mana data berasal dari buku, jurnal ilmiah, literatur - literatur yang layak dijadikan sumber untuk penelitian yang akan diteliti penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang lingkup filsafat pendidikan Islam meliputi kurikulum, metode, dan lingkungan pembelajaran yang perlu dipahami secara mendalam untuk mengoptimalkan proses pendidikan. Fondasi kegiatan pendidikan Islam terletak pada pemahaman mendalam mengenai tujuan pembelajaran dan peran pelaksana pendidikan, yang semuanya menekankan pentingnya pemahaman hakikat pendidikan Islam untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...