JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Urgensi Evaluasi Kurikulum dalam Pendidikan Islam Swasta

Hidayat, Rizki (Unknown)
Saputri, Eki Nining (Unknown)
Muti'ah, Siti (Unknown)
Mudasir, Mudasir (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Artikel ini membahas urgensi evaluasi kurikulum dalam pendidikan Islam swasta di Indonesia, menggambarkan perannya yang krusial di era globalisasi dan transformasi digital. Evaluasi kurikulum bukan hanya proses administratif, tetapi juga instrumen dinamis untuk memastikan bahwa lembaga pendidikan mampu memadukan nilai-nilai keislaman dengan kompetensi pada abad ke-21. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian ini berupa analisis urgensi evaluasi kurikulum melalui konsep, tujuan, model, metode, aspek serta tantangan dalam evaluasi kurikulum, dimana menggarisbawahi peran teknologi dalam memperkuat proses evaluasi. Dengan demikian, diharapkan lembaga pendidikan Islam swasta dapat meningkatkan kualitasnya melalui relevansi kurikulum pendidikan dengan menjaga integritas nilai-nilai Islam dalam konteks pendidikan nasional dan global.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...