JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Permainan Kecil dalam Pembelajaran PJOK untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa

Saputra, Bima Ragil (Unknown)
Hartati, Sasminta Christina Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Pendidikan merupakan sumber belajar ilmu pengetahuan yang didapat oleh setiap individu yang diperoleh sepanjang hayat dalam sebuah tempat dan situasi yang memberikan pengaruh positif bagi pertumbuhan indvidu tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh penerapan permainan kecil dalam pembelajaran PJOK untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas VIII SMP Labschool Unesa 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, yaitu eksperimen semu desain One Grup Pretest-Posttest. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Labschool Unesa 1 Surabaya. Hasil anasilis data yang telah dilakukan oleh peneliti dengan uji t (paired samples t-test) antara hasil skor PACER Test pre-test dan post-test hasilnya P-Value sebesar 0,048 dengan kesimpulan nilai a<(0,05). Dengan demikian dari hasil uji t diatas Ha diterima, sehingga ada pengaruh penerapan permainan kecil dalam pembelajaran PJOK untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas VIII SMP Labschool Unesa 1 Surabaya, dengan peningkatan berjumlah 0,08%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...