JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Dampak Pengembangan Desa Wisata Sawah Pematang Johar terhadap Kondisi Ekonomi dan Sosial Masyarakat

Naibaho, Annisa Azzahra (Unknown)
Salsabila, Gadis (Unknown)
Sinuraya, Helen (Unknown)
Fadli, M (Unknown)
Panjaitan, Michael Austin (Unknown)
Yuniastuti, Eni (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Indonesia yang kaya akan potensi dan sumberdaya mempunyai peluang yang sangat besar untuk dikembangkan terutama untuk industri pariwisata. Salah satut Tempat wisata terbaru di pinggiran kota Medan yang menawarkan pemandangan alam yang masih asri khas pedesaan yaitu Kampung Wisata Sawah Pematang Johar. Dengan tingginya tingkat kunjungan wisatawan tentunya akan berdampak pada semakin tingginya pendapatan. Untuk itulah Kami tertarik melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui dampak pengembangan desa wisata sawah pematang johar terhadap kondisi ekonomi dan sosial masyarakat. Pengumpulan data melalui wawancara dilakukan kepada partisipan yang dianggap mengetahui proses pengembangan desa wisata sawah pematang johar. Hasil penelitian menunjukkan dampak pengembangan desa wisata sawah pematang johar terhadap kondisi ekonomi nahwa pendapatan masyarakat dan pendapatan daerah meningkat, karena wisata ini membuka dan memeperluas peluang usaha dan kerja masyarakat. Namun, setelah pandemic covid-19 melanda, pendapatan masyarakat dan pendapatan daerah menurun drastis. Dari aspek sosial, masyarakat bertanggung jawab dalam hal memelihara apa yang sudah mereka kerjakan. Seperti pembuatan jalur trekking, dan perbaikan jalan ke daya tarik wisata. masyarakat harus memelihara dan menjaga perencanaan tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...