JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Kolase Menggunakan Bahan Alam pada Anak Kelompok B di TK Bahari Kofarkor Kabupaten Raja Ampat

Lekatompessy, Marlen F (Unknown)
Rokhima, Nur (Unknown)
Rambe, Anggita Maharani (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan kemampuan motoric halus melalui kegiatan kolase menggunakan bahan alam pada anak usia 5-6 tahun di TK Bahari Kofarkor. Dengan kolase menggunakan bahan alam adanya keterlibatan anak secara langsung dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Penelitian tindakan kelas kolaboratif yaitu penelitian bekerjasama dengan guru kelas dalam pelaksanaan penelitian. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas dan menunjuk pada proses pelaksanaan yang dikemukkan oleh kemmis dan Mc. Taggart. Subyek pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 12 orang anak. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi (checklist). Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan motoric halus melalui kegiatan kolase menggunakan bahan alam. Adapun proses pembelajarannya anak diberi kesempatan untuk melakukan percobaan tentang kolase yang bersifat sederhana dan menarik untuk anak. Hasil penelitian meningkat secara bertahap, hal ini dapat dilihat hasil observasi pada pratindakan yang mencapai 61%. Kemudian meningkat pada siklus I pertemuan pertama 61%, meningkat lagi pada pertemuan kedua menjadi 64%. Kemampuan motoric halus melalui kegiatan kolase meningkat kembali pada siklus II pertemuan pertama menjadi 72% kemudian meningkat lagi pada pertemuan kedua menjadi 83% sehingga mencapai target keberhasilan yang diharapkan oleh peneliti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...