JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Manajemen Kelas terhadap Kepribadian Siswa Kelas XII MIPA 8 SMA Negeri 1 Medan

Salsabila, Gadis (Unknown)
Waruwu, Klarita Dwijayanti (Unknown)
Fadli, M (Unknown)
Lubis, Siti Nurhaliza (Unknown)
Salsabila, Via Adrevi (Unknown)
Yuniastuti, Eni (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Dilihat dari ruang lingkup kerjanya manajemen kelas merupakan inti atau pusat yang menentukan keberhasilan manajemen yang lainnya. Ada kondisi kelas yang diharapkan dan ada kondisi kelas yang tidak diharapkan. Lingkungan kelas yang diharapkan adalah lingkungan kelas yang mendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penataan ruang dan perlengkapannya, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan perilaku bermasalah peserta didik di SMA Negeri 1 Medan. Pengumpulan data melalui wawancara dilakukan kepada partisipan yang dianggap mengetahui proses pengembangan desa wisata sawah pematang johar. Pengambilan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Data hasil penelitian kemudian dianalisis secara deskriptif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penataan ruang kelas dan perlengkapannya di SMA Negeri 1 Medan dilakukan dengan perencanaan yang matang oleh guru sebelum memulai pembelajaran. Penataan ini meliputi mengecek kebersihan kelas, tata letak meja dan kursi, serta memperhatikan perlengkapan pembelajaran seperti media dan teknologi yang akan digunakan. Dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran, guru SMA Negeri 1 Medan melakukan kerja sama antar guru untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Dalam mengelola perilaku siswa yang bermasalah, guru membuat perencanaan seperti kesepakatan aturan kelas bersama siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...