JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Kesantunan Tindak Tutur Direktif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 6 Padang

Suherman, Nadyva (Unknown)
Gani, Erizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk kesantunan tindak tutur direktif dan strategi bertutur guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa kalimat-kalimat bentuk dan strategi tindak tutur direktif guru bahasa Indonesia SMA Negeri 6 Padang dalam proses belajar mengajar. Pengumpulan data penelitian ini melalui observasi menggunakan teknik rekam dan catat. Pengabsahan data penelitian ini adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data penelitian ini, yaitu transkrip data, identifikasi data, pengelompokan, analisis data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini ada dua sebagai berikut. Pertama, bentuk tindak tutur direktif yang ditemukan, yaitu tindak tutur menyuruh 8 tuturan, memohon 7 tuturan, menyarankan 1 tuturan, menuntut 12 tuturan, dan menantang 10 tuturan. Tindak tutur direktif yang paling dominan adalah tindak tutur menuntut, sedangkan tindak tutur direktif yang paling sedikit adalah menyarankan. Kedua, strategi bertutur yang ditemukan yaitu strategi bertutur berterus terang tanpa basa-basi (BTTB) sebanyak 29 tuturan, strategi bertutur berterus terang basa-basi kesantunan positif (BTDKP) sebanyak 3 tuturan, strategi bertutur berterus terang basa-basi kesantunan negatif (BTDKN) sebanyak 4 tuturan, dan strategi bertutur samar-samar (BSS) sebanyak 1 tuturan. Strategi bertutur yang paling dominan adalah berterus terang tanpa basa-basi (BTTB). Sedangkan strategi bertutur yang sedikit adalah bertutur secara samar-samar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...