Artikel ini mengkaji pengembangan model pembelajaran PAI yang berbasis nilai-nilai toleransi dalam moderasi beragama serta untuk mendeskripsikan nilai-nilai toleransi dalam sikap bermoderasi beragama untuk membentuk kepribadian peserta didik di SMP Negeri. Studi ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Memanfaatkan pendekatan deskriptif kualitatif untuk melakukan analisis, fokus analisis adalah bagaimana guru PAI membuat model pembelajaran PAI yang berbasis pada nilai-nilai toleransi. Siswa SMP dianggap sebagai usia remaja, yaitu masa ketika mereka mulai meninggalkan masa anak-anak dan menuju masa dewasa. Pada usia ini, mereka mencari jati diri yang lebih mapan melalui eksplorasi terhadap diri mereka sendiri dan lingkungan sosial mereka. Pada usia penting ini, penting untuk menanamkan nilai-nilai toleransi agama, terutama dalam konteks lingkungan yang beragam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI dapat mengembangkan model pembelajaran PAI berbasis toleransi nilai dengan menggabungkan berbagai model pembelajaran oleh orang yang berkompeten melalui metode yang dipakai serta disesuaikan dengan bahan ajar dan tujuan dari pembelajarannya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024