JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Video untuk Mata Pelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama

Frida Rohmatika (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Risnawati Risnawati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Miftahir Rizqa (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Artikel ini membahas pengembangan media Prezi untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D), dengan subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan objek penelitiannya adalah pengembangan media pembelajaran Prezi untuk mata pelajaran PAI di sekolah menengah pertama. Populasi yang terlibat dalam penelitian ini mencakup 3 pendidik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan produk media audio visual berupa video menggunakan aplikasi Prezi untuk materi tentang meyakini nabi dan rasul Allah, dengan tujuan menjadi generasi digital yang berkarakter. Desain media ini diatur dalam 6 tahapan dan dikembangkan dengan memanfaatkan fitur-fitur Prezi seperti teks, gambar, stiker, audio, video, zoom in-zoom out, dan shapes. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Prezi video memiliki potensi sebagai alat pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...