JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

The Effect of the Use of Trend Forecasting 2023/2024 Learning Resources on the Level of Creativity in Designing Kebaya on Style Elements and Design Development of Grade XII Students at SMKN 3 Probolinggo

Sinabariba, Yenma (Unknown)
Nahari, Inty (Unknown)
Hidayati, Lutfiyah (Unknown)
Kharnolis, Mein (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini yakni untuk mengetahui: 1) tingkat kreativitas mendesain kebaya di kelas kontrol tanpa menggunakan sumber belajar trend forecasting 2023/2024, 2) tingkat kreativitas mendesain kebaya di kelas eksperimen dengan menggunakan sumber belajar trend forecasting 2023/2024, 3) pengaruh penggunaan sumber belajar trend forecasting 2023/2024 terhadap tingkat kreativitas mendesain kebaya. Penelitian ini menggunakan model Posttest Only Control Design dengan sampel sebanyak 63 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar penilaian kreativitas mendesain kebaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penilaian kreativitas dengan analisis data uji beda menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menyatakan: 1) Tingkat kreativitas mendesain kebaya di kelas kontrol menunjukkan 0 siswa (0%) berada pada tingkat sangat kreatif, 1 siswa (3,13%) berada pada tingkat kreatif, 3 siswa (9,37%) berada pada tingkat cukup kreatif, 22 siswa (68,75%) berada pada tingkat kurang kreatif dan 6 siswa (18,75%) berada pada tingkat tidak kreatif., 2) Tingkat kreativitas mendesain kebaya di kelas eksperimen menunjukkan 1 siswa (3,23%) berada pada tingkat sangat kreatif, 9 siswa (29,03%) berada pada tingkat kreatif, 19 siswa (61,29%) berada pada tingkat cukup kreatif, 2 siswa (6,45%) berada pada tingkat kurang kreatif dan 0 siswa (0%) berada pada tingkat tidak kreatif, 3) terdapat pengaruh trend forecasting 2023/2024 terhadap kreativitas mendesain kebaya dengan ditunjukkannya nilai Asymp.Sig 0,000<0,05

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...