JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

The Role of Mnemonic Technique on the Mastery of Students' Lexical Collocation

Hikmawati Hikmawati (Universitas Muslim Buton)
Hasrida Ardin (Universitas Muslim Buton)
Ary Irjayanti Herman (Universitas Muslim Buton)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui sejauh mana teknik mnemonik menambah penguasaan kolokasi leksikal siswa, dan (2) untuk menyelidiki persepsi siswa terhadap pengajaran kolokasi leksikal menggunakan teknik mnemonik. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Baubau, dengan partisipan sebanyak 54 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Metodologi penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Kolokasi leksikal sebelum dan sesudah tes diberikan masing-masing pada kelompok eksperimen dan kontrol. Kuesioner juga dibagikan untuk mengukur persepsi siswa dalam menggunakan teknik mnemonik. Data diperiksa dengan menggunakan uji Independent Sample T-test dan frekuensi respon kuesioner. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi mnemonik membantu siswa menguasai kolokasi leksikal. Dipastikan bahwa kelompok eksperimen mengungguli kelompok kontrol. Menganalisis post-test siswa dengan uji-t sampel independen menunjukkan temuan yang lebih baik (3,566 > 2,007). Temuan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam skor post-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Para siswa juga menunjukkan tanggapan positif terhadap penerapan teknik mnemonik karena memungkinkan mereka menghafal kolokasi leksikal dengan cepat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...