JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pentingnya Menanamkan Nilai-Nilai Luhur melalui Budaya Sekolah pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang

Triana Sayekti Peni Puji Lestari (Universitas PGRI Semarang)
Titik Haryati (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pondasi penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak. Pada masa ini, anak-anak sangat rentan terhadap pengaruh lingkungan, sehingga peran sekolah menjadi sangat krusial dalam menanamkan nilai-nilai positif. Masa ini juga merupakan periode emas untuk menanamkan nilai-nilai luhur pada anak. Budaya sekolah yang positif berperan penting dalam proses ini. Budaya sekolah yang baik dapat menjadi media efektif dalam menanamkan nilai-nilai luhur. Melalui pembiasaan dan keteladanan dari guru serta seluruh komponen sekolah, anak-anak akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang berbudi luhur. Selain itu, juga pentingnya kolaborasi antara pihak sekolah dan orang tua dalam mewujudkan budaya sekolah yang kondusif bagi penanaman nilai-nilai positif. Orang tua memiliki peran penting dalam mendukung dan memperkuat nilai-nilai yang ditanamkan di sekolah. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa menanamkan nilai-nilai luhur melalui budaya sekolah pada pendidikan anak usia dini merupakan langkah strategis dalam membentuk generasi penerus yang berkarakter, bermoral dan berakhlak mulia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...