JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri se-Kabupaten Sumedang

Harpa Sugiharti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Laila Ratna Nurwulan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Heni Mulyani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Kholida Atiyatul Maula (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Rika Mardiani (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Proses belajar bertujuan untuk mengubah tingkah laku dari segi pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan psikomotor. Pengukuran keberhasilan belajar siswa dapat digunakan melalui skala nilai yang terdiri dari huruf, kata, atau simbol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kebiasaan belajar, minat belajar dan hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XII jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri se-Kabupaten Sumedang, yang memiliki populasi 243 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar siswa berada dalam kategori sedang, artinya siswa memiliki kebiasaan belajar yang cukup baik untuk menunjang proses belajarnya. Kemudian minat belajar siswa berada pada kategori tinggi, artinya siswa memiliki minat belajar yang sangat besar dalam menunjang proses belajarnya. Hasil belajar dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki hasil belajar yang memuaskan. Hasil pengujian pengaruh menunjukkan bahwa kebiasaan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar dan minat belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...