JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Signifikansi Pembelajaran Qira’atul Kutub di Prodi PAI Studi terhadap Prodi PAI FITK UINSU Medan

Nona Maulidika Inayah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ahmad Darlis (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Maratu Naja Ramadhan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ainun Matauli Pohan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Fadlan Fajri Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai signifikansi ataupun pentingnya pembelajaran qira’atul kutub di Prodi PAI terhadap Prodi PAI FITK UINSU Medan. Jenis penelitian dalam materi ini ialah kualitatif. Cara pengumpulan datanya yakni dengan cara mewawancarai narasumber dan juga dengan sumber lain yakni dari buku serta dari jurnal. Dalam penelitian ini membahas mengenai beberapa rumusan masalah yaitu: (1) pentingnya mempelajari pembelajaran qira’atul kutub di Prodi PAI FITK UINSU, karena menurut salah satu mahasiswi Prodi PAI FITK UINSU yang mempelajari pelajaran ini yakni agar tidak meninggalkan pelajaran klasik, tidak buta akan ilmu qira’atul kutub, dan memiliki keterampilan membaca literatur tafsir (2) faktor pendukung dalam mempelajari pembelajaran qira’atul kutub di Prodi PAI FITK UINSU, menurut salah satu mahasiswi Prodi PAI FITK UINSU ini ialah adanya dosen yang berpengalaman di bidang bahasa arab, adanya media yang digunakan oleh dosennya (3) faktor penghambat dalam mempelajari pembelajaran qira’atul kutub di Prodi PAI FITK UINSU, menurut salah satu mahasiswi Prodi PAI FITK UINSU ialah dosen yang mengajarkannya sangat berpengalaman, namun tidak kepada pelajaran intinya yakni pembacaan kitab (qira’atul kutub), lalu motivasi mahasiswa dan mahasiswi yang rendah, dikarenakan dosen memiliki suara yang kecil, kurangnya sarana dan prasarana yang disediakan, seperti infocus dan bahan bacaan dan kurangnya metode pembelajaran yang menarik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...