JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Implementasi Outdoor Learning Teknologi dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMAN 9 Semarang

Fitriyanto Fitriyanto (Universitas Pancasakti Tegal)
Ibnu Sulaiman (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, dan dampak positif implementasi outdoor learning teknologi dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMAN 9 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah Pelaksanaan outdoor learning teknologi dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dilakukan melalui 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, evaluasi, dan analisis. Pelaksanaan outdoor learning teknologi dengan model PJBL yang terintegrasi teknologi dan berbagai macam aplikasi pembelajaran, seperti Barcode QR, Canva, gform, dan Instagram. Dampak positif pelaksanaan outdoor learning teknologi ialah peserta didik nampak antusias dan bersemangat mengerjakan tantangan yang telah ditetapkan di barcode QR. Mayoritas dari mereka mampu berargumentasi, memberikan pandangan, ide, gagasan. Hal ini tentunya menunjukan adanya peningkatan aktivitas pembelajaran. Selain itu, pembelajaran ini dapat meningkatkan kekompakan dan kreativitas dalam memecahkan persoalan yang terintegrasi dengan teknologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...