JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Dampak Teknologi Augmented Reality dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Mata Pelajaran IPS di SD

Nurdiansyah Nurdiansyah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Alifia Nur Azizah Habibillah Ahmad (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Firra Dwi Nur’Ani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Oktaviani Oktaviani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Teknologi augmented reality, yang sedang dikembangkan, memiliki potensi besar untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran AR dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan pemahaman mereka (Acesta & Nurmaylany, 2018). Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis literatur untuk menemukan referensi teoritis yang berkaitan dengan kasus dan masalah yang dibahas. Pembelajaran berbasis AR meningkatkan proses belajar, meningkatkan kreativitas, dan mendorong siswa untuk mempelajari ide baru (Madhan Kumar et al., 2021). Oleh karena itu, penggunaan AR dalam pembelajaran ini dapat membuat pembelajaran lebih efektif dan interaktif, dan membuat siswa lebih mudah memahami materi. Hasil belajar siswa, terutama dalam pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dipengaruhi oleh Augmented Reality. Media Augmented Reality meningkatkan pengetahuan siswa dan membantu mereka mengoptimalkan potensi untuk hasil belajar yang lebih baik. Media Augmented Reality berbeda dengan media tradisional, seperti gambar jernih, latar belakang hidup, dan musik interaktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...