JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pemahaman Konsep IPS Siswa SD melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

Pani Herlina (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Vika Andria Sukmawati (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Supriatna Supriatna (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Nurdiansyah Nurdiansyah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Konsep IPS tidak hanya fokus pada satu disiplin ilmu, tetapi penyatuan berbagai perspektif untuk memberikan pemahaman yang lebih luas tentang kehidupan dan lingkungannya. Pemahaman konsep IPS di SD dapat dikembangkan melalui penggunaan berbagai model pembelajaran seperti model pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran berbasis masalah menuntut siswa agar berperan aktif dalam memecahkan permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep IPS siswa di Sekolah Dasar. Artikel ini dibuat menggunakan metode pendekatan studi pustaka atau kajian pustaka. Metode kajian pustaka adalah metode yang mengkaji berbagai literatur yang ada, seperti artikel, jurnal, dan buku yang disajikan secara deskriptif agar dapat menunjang hasil pembahasan. Hasil pengkajian menyatakan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep IPS siswa Sekolah Dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...