Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran E-book IPA materi keseimbangan lingkungan yang valid, praktis dan efektif bagi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar yang berjumlah 1 orang. Media pembelajaran e-book materi keseimbangan lingkungan yang dikembang menggunakan model Borg & Gall, yaitu (1) Potensi masalah, (2) Pengumpulan informasi, (3) Desain produk, (4) Uji coba awal (5) Revisi produk, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk dan (10) Desiminasi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar angket validasi, lembar angket respon peserta didik. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran e-book materi keseimbangan lingkungan yang valid. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan dengan menggunakan angket validasi ahli, analisis kepraktisan dengan menggunakan angket respon peserta didik dan analisis keefektifan. Hasil analisis data Hasil lembar angket validasi dengan hasil analisis data nilai rata-rata kevalidan sebesar 90,45 %. Hasil angket peserta didik dengan persentase nilai rata-rata kepraktisan sebesar 97,7 %.
Copyrights © 2024