JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Microlearning pada Materi Penanggulangan Kebakaran Mata Kuliah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta

Telmatherina Alifa Paradise (Universitas Negeri Jakarta)
Tuti Iriani (Universitas Negeri Jakarta)
Anisah Anisah (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penanggulangan kebakaran merupakan aspek penting dalam Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) karena berkaitan langsung terhadap keselamatan jiwa manusia. Pengembangan bahan ajar berbasis microlearning dapat membantu dalam mengatasi masalah pengaturan waktu pada materi penanggulangan kebakaran mata kuliah K3 dan membantu mahasiswa dalam memahami materi secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa E-book berbasis microlearning yang berisi materi, infografis, kode QR, dan video pembelajaran yang sesuai materi penanggulangan kebakaran mata kuliah K3, Program Studi PTB UNJ. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner yang menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengembangan bahan ajar microlearning untuk mata kuliah K3 mencakup empat kegiatan belajar, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan produk. Penilaian oleh ahli materi sebesar 87,20%, ahli media sebesar 88,10%, dan survei kepuasan pengguna mencapai 94%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar K3 berbasis microlearning dapat dinyatakan sangat layak untuk diterapkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...