JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan dan Validasi Instrumen Teacher Support pada Remaja

Nazelin Maura Zahra (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Retno Wulandari (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Nasywa Alvita Ardiningrum (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Fanny Izza Nassyifa (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Ecep Supriatna (Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Pendidikan merupakan bagian penting dari peningkatan kualitas hidup seseorang. Guru memiliki tanggung jawab besar untuk menyampaikan dan mengembangkan ilmu melalui proses pendidikan serta untuk mengatasi masalah akademik. Tantangan dalam akademik mencakup hal mata pelajaran, guru, dan teman sebaya sehingga remaja memerlukan dukungan dan perhatian penuh dari orang dewasa pada lingkungan sekolah, salah satunya yaitu pada peran dukungan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dukungan guru terhadap motivasi akademik remaja. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Area Cluster Sampling melalui survei yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner/angket menggunakan google form dan uji satu kali tes kepada sekelompok individu sebagai subjek (Single-Trial Administration) sebanyak 233 orang siswa SMP Martia Bhakti, Kota Bekasi. Menggunakan skala pengukuran Perceived Academic Teacher Support Scale (PTASS) yang telah dimodifikasi, serta perhitungan uji Alfa Cronbach yang dibantu dengan menggunakan program JASP 0.16.3.0. Dalam hasil uji reliabilitas dalam instrumen scale reliability teacher support dinyatakan bahwa pada teacher support memiliki penilaian valid dengan jumlah nilai 0,702 > 0,70.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...