JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Strategi Penguatan Hard Skill dan Soft Skill Guru SD untuk Mendukung Kebijakan Merdeka Belajar di Indonesia

Lesmana, Inda (Unknown)
Nengsih, Ratna (Unknown)
Fitrilioni, Fitrilioni (Unknown)
Hendrizal, Hendrizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi penguatan hard skill dan soft skill guru Sekolah Dasar (SD) untuk mendukung kebijakan Merdeka Belajar di Indonesia. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur, penelitian ini mengeksplorasi peran krusial guru dalam implementasi kebijakan pendidikan inovatif tersebut. Studi ini mengidentifikasi area-area kunci untuk pengembangan keterampilan, termasuk kompetensi pedagogis, penguasaan teknologi, pemikiran kritis, dan kecerdasan emosional. Penelitian ini mengusulkan strategi komprehensif seperti program pelatihan terstruktur, sistem mentoring, dan komunitas belajar profesional untuk meningkatkan kapabilitas guru. Penelitian menekankan pentingnya menyelaraskan pengembangan keterampilan dengan prinsip-prinsip pembelajaran yang berpusat pada siswa dan kompetensi abad ke-21. Dengan memperkuat hard skill dan soft skill, guru SD dapat menjadi agen perubahan yang efektif dalam sistem pendidikan, mendorong lingkungan belajar yang inovatif dan inklusif yang mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...