JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan dan Validasi Instrumen Academic Motivation pada Remaja

Widya Graha Mangkading (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Riziyanti Yunita (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Idham Putra Darmawan (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Ecep Supriatna (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Remaja merupakan masa terjadinya perkembangan dan pertumbuhan yang pesat baik secara fisik, psikologis maupun intelektual. Penelitian ini menggunakan satu variabel yaitu academic motivation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa/i SMP Martia Bhakti Kota Bekasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Hasil data yang diperoleh kemudian dilakukan uji validtas dan reliabilitas. Dalam hasil penelitian ini sebanyak 8 aitem dinyatakan tidak valid dan uji reliabilitas dalam instrumen academic motivation scale memperoleh nilai 0,746 > 0,70. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan menggunakan JASP versi 0.18.2. Instrumen academic motivation scale yang telah dimodifikasi oleh peneliti, memperoleh 21 aitem yang valid sehingga dapat digunakan dalam penelitian selanjutnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...