Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model project based learning dalam pengembangan keterampilan kognitif pada anak usia dini. Model project based learning menekankan pembelajaran melalui tindakan nyata dan relevan dengan kehidupan siswa. Model ini mengintegrasikan prinsip konstruktivis, pemecahan masalah, inkuiri, dan studi terintegrasi. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur atau kepustakaan yang terdiri dari artikel dan buku-buku yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model project based learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa keterbatasan, termasuk variasi dalam implementasi, keterbatasan sumber daya, dan subjektivitas penilaian. Untuk mengatasi keterbatasan ini, diperlukan pelatihan guru yang memadai, dukungan yang kuat dari sekolah dan orang tua, serta evaluasi yang berkelanjutan. Temuan ini mendukung penggunaan model project based learning sebagai model yang efektif untuk pengembangan kognitif anak dan memberikan rekomendasi praktis untuk implementasi yang lebih baik di masa depan.
Copyrights © 2024