JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penguatan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama dalam Mencegah Paham Radikal

Ihsan, Muhammad (Unknown)
Maimun, Maimun (Unknown)
Firdausiyah, Ulil (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memegang peranan penting dalam pembentukan karakter dan pemahaman keagamaan siswa. Namun, tantangan global dan domestik yang berkaitan dengan radikalisasi ideologi mengharuskan adanya upaya preventif dalam kurikulum pendidikan. Artikel ini membahas pentingnya penguatan kurikulum PAI berbasis moderasi beragama sebagai strategi efektif dalam mencegah penyebaran paham radikal. Dengan pendekatan moderasi beragama, kurikulum PAI diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai toleransi, saling menghargai, dan pemahaman yang seimbang terhadap ajaran Islam. Penelitian ini mengidentifikasi prinsip-prinsip moderasi yang perlu diintegrasikan dalam kurikulum, serta tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Melalui analisis literatur dan studi kasus, artikel ini menawarkan rekomendasi untuk pengembangan kurikulum yang lebih inklusif dan responsif terhadap isu-isu radikal, guna menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan harmonis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...