JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui Pembuatan Pupuk Kompos di SMPN 1 Maluk

Dewi Seprianingsih (Universitas Cordova)
Sahratullah Sahratullah (Universitas Cordova)
Elly Rosita (Universitas Cordova)
Jamiatul Aulia (Universitas Cordova)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pengembangan modul ajar projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) melalui pembuatan pupuk kompos di SMPN 1 Maluk. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4D (define, design, develop and dessiminate). Lokasi penelitian ini adalah di SMPN 1 Maluk dengan jumlah sampel yaitu 27 peserta didik kelas VIIA. Proses pengembangan modul ajar P5 memperoleh hasil validasi oleh validator ahli dengan total skor 3,63 dan persentase kevalidan 72,67% dengan kriteria Tinggi dan layak diterapkan pada peserta didik. Adapun hasil uji keterbacaan modul ajar oleh pendidik memperoleh total skor 3,29 dan persentase 82,29% dengan kriteria keterbacaan modul ajar Mudah. Hasil tes diagnostik non-kognitif dari modul ajar P5 pada sampel peserta didik diperoleh persentase rerata skor sebesar 71,76%, sedangkan untuk hasil tes diagnostik kognitif diperoleh persentase rerata skor sebesar 86,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan modul ajar P5 melalui pembuatan pupuk kompos di SMPN 1 Maluk telah berhasil dilaksanakan hingga tahapan develop. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu mengembangkan modul ajar dengan meningkatkan kualitas modul, termasuk konten, struktur, dan presentasi materi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...