JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough pada Konten Instagram Bintang Emon sebagai Representasi Kepercayaan Masyarakat terhadap Direktorat Jenderal Pajak

Hadiningrat, Raden Muhammad Farrel Khalfani (Unknown)
Mayasari, Mayasari (Unknown)
Yusup, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Media sosial merupakan platform komunikasi maupun informasi kini telah menjadi dunia yang berbeda bagi masyarakat. Segala macam kegiatan sosial dapat dilakukan dalam media sosial, termasuk diskusi, debat, dan interaksi dialektis. Kritik sosial adalah salah satu konten yang bisa kita temukan di media sosial. Kritik di platform media sosial hadir dalam beragam bentuk, dengan salah satunya adalah opini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah a. Bagaimana analisis teks pesan kritik sosial sebagai representasi masyarakat terhadap Dirjen Pajak pada konten Instagram Bintang Emon? b. Bagaimana analisis praktik wacana (discourse practice) pada konten Instagram Bintang Emon? c. Bagaimana analisis praktik sosiokultural (sociocultural practice) pada konten Instagram Bintang Emon? Penelitian ini bertujuan untuk mengkritisi wacana yang dikembangkan oleh Bintang Emon dalam video yang diupload pada sosial medianya di Instagram tentang kasus Mario Dandy. Agar wacana tersebut dapat dibedah secara mendalam, penelitian ini menggunakan analisis wacana kritis Fairclough dengan tiga dimensi yakni teks, praktik diskursif, serta praktik sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bintang Emon ingin menyampaikan kritikan sekaligus mengingatkan kepada para pemerintah yang korup agar tidak semena-mena karena punya kelas sosial yang tinggi, serta juga menjaga dan mendidik anak-anaknya agar tidak jumawa dan memiliki rasa empati terhadap sesama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...