Peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah merupakan hal yang penting dalam dunia pendidikan dan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model Problem Based Learning pada kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa. Rumusan masalahnya bagaimanakah penerapan model PBL ini mampu meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 5 Ganjil 2022/2023 Universitas Indraprasta PGRI, yang terdiri atas 40 orang mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode classroom action research (penelitian tindakan kelas). Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik tes dan dilakukan juga observasi pada penelitian. Berdasarkan hasil temuan penelitian diketahui tahap prasiklus, dari 40 orang mahasiswa yang terlibat, hanya 8 orang mencapai 20% mahasiswa mencapai nilai KKM (75). Berikutnya pada siklus I, terjadi peningkatan jumlah mahasiswa yang mencapai nilai KKM yaitu 20 orang mahasiswa, mencapai 50%. Pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai nilai di atas KKM meningkat menjadi 34 orang mahasiswa hingga 85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian implementasi model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah mahasiswa Indraprasta PGRI.
Copyrights © 2024