JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Tujuan Komunikasi Politik

Sampurna, Ahmad (Unknown)
Zainina, Aghna (Unknown)
Aulia, Fadlan (Unknown)
Anggianto, Ilham (Unknown)
Ichtisam, M. Fathih (Unknown)
Harmain, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Komunikasi politik menjadi aspek penting dalam dinamika politik modern, terutama dalam upaya menciptakan kesamaan pemahaman politik antara partai politik dan masyarakat. Tujuan komunikasi politik meliputi penyampaian informasi politik, pembentukan citra politik, pembentukan opini publik, serta meningkatkan partisipasi politik menjelang pemilihan umum. Pentingnya keterbukaan dan saling mempercayai antara pihak yang terlibat dalam proses komunikasi politik menjadi landasan untuk membangun kesamaan persepsi. Selain itu, komunikasi politik juga bertujuan untuk memahami kebutuhan dan aspirasi masyarakat agar program kerja yang ditawarkan sesuai dengan harapan mereka. Pada akhirnya, komunikasi politik menjadi wahana yang digunakan oleh para profesional untuk mencapai kekuasaan dengan menghubungkan kepentingan politik dengan khalayak sasarannya. Pembahasan mencakup tiga aspek utama, yaitu pencitraan politik, pendapat umum (opini publik), dan partisipasi masyarakat. Pencitraan politik melibatkan berbagai strategi, seperti pure publicity, free ride publicity, tie-in publicity, dan paid publicity, yang bertujuan untuk memengaruhi persepsi masyarakat terhadap politisi atau partai politik. Opini publik menjadi kekuatan politik yang dapat mendukung atau menggulingkan pemerintahan, dengan pemimpin opini seperti Sri Sultan Hamengkubuwono X memainkan peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku masyarakat terhadap isu-isu politik. Partisipasi masyarakat dalam kegiatan politik mencerminkan keterlibatan mereka dalam pengambilan keputusan politik negara, baik dalam bentuk konvensional maupun nonkonvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...