Penelitian ini membahas integrasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Kurikulum Pesantren di Universitas Ibrahimy. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bagaimana pendekatan MBKM dapat diintegrasikan dengan kurikulum pesantren untuk meningkatkan pemahaman keagamaan mahasiswa dalam konteks pendidikan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap implementasi kurikulum di lingkungan universitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang strategi integrasi kurikulum PAI berbasis MBKM dengan kurikulum pesantren, serta untuk mengevaluasi dampaknya terhadap pembentukan karakter dan peningkatan kompetensi keagamaan mahasiswa di Universitas Ibrahimy. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam pengembangan pendidikan agama Islam di perguruan tinggi, dengan fokus pada penggabungan pendekatan modern dan tradisional dalam pembelajaran keagamaan.
Copyrights © 2024