JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Integrasi Kurikulum PAI Berbasis MBKM dan Kurikulum Pesantren di Universitas Ibrahimy (UNIB)

Firdausiyah, Ulil (Unknown)
Maimun, Maimun (Unknown)
Ihsan, Muhammad (Unknown)
Toha, Toha (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini membahas integrasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Kurikulum Pesantren di Universitas Ibrahimy. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bagaimana pendekatan MBKM dapat diintegrasikan dengan kurikulum pesantren untuk meningkatkan pemahaman keagamaan mahasiswa dalam konteks pendidikan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap implementasi kurikulum di lingkungan universitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang strategi integrasi kurikulum PAI berbasis MBKM dengan kurikulum pesantren, serta untuk mengevaluasi dampaknya terhadap pembentukan karakter dan peningkatan kompetensi keagamaan mahasiswa di Universitas Ibrahimy. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam pengembangan pendidikan agama Islam di perguruan tinggi, dengan fokus pada penggabungan pendekatan modern dan tradisional dalam pembelajaran keagamaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...