JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Metode Multisensory Learning dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris pada AUD

Usnida Husna Kamila (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Nur Azizah Khotimah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Rahma Sarita (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Iman Nurjaman (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Muhammad Guruh Nuary (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris di TK Al-Idris Salam menggunakan metode menghafal sehingga anak cenderung mudah merasa bosan dan mudah lupa dan hanya mempelajari kosakata bahasa inggris yang sering ditemui saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Multisensory Learning dalam pembelajaran bahasa Inggris di TK Al-Idris Salam Tangerang Selatan untuk meningkatkan penguasaan vocabularies pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus pada bulan April hingga Juni 2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan melalui tes dan pengamatan. Penelitian ini melibatkan 11 anak usia 6-7 tahun sebagai partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Multisensory Learning mampu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari hasil pra tindakan hingga siklus 3 yang mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode Multisensory Learning. Metode menyenangkan yang melibatkan lebih dari satu indera ini dapat membantu anak untuk memahami kosakata bahasa Inggris dengan lebih mudah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...