JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peningkatan Berpikir Kreatif melalui Model PBL dengan Media Mind Mapping Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Muflihah Maimunah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Dhany Efita Sari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media mind map terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kreativitas siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Data diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kreatif dan kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas pada kelas IV Sekolah Dasar, 2) pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media mind map pada materi klasifikasi makhluk hidup terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 2,72 tergolong tinggi dan kreativitas siswa kelas IV Sekolah Dasar sebesar 1,65 tergolong tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...