JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa melalui Kompetensi Guru dan Kinerja Guru pada Sekolah Dasar di Kecamatan Rappocini Makassar

Nur Indah Pratiwi (STIE Amkop Makassar)
Piter Tiong Phie (STIE Amkop Makassar)
St Hatidja (STIE Amkop Makassar)
Surya Dharma (STIE Amkop Makassar)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa melalui kompetensi guru dan kinerja guru di Sekolah Dasar gugus V Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunaka metode survei yang bersifat kausal yang pelaksanaanya dilakukan pada 5 sekolah dasar yang terdapat di Kecamatan Rappocini. Populasi dari penelitian ini ialah guru pada 5 sekolah dasar yang terdapat di gugus V Kecamatan Rappocini sebanyak 103 guru, kemudian untuk sampel dalam penelitian ini sebanyak 82 guru yang diperoleh berdasarkan rumus slovin. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likeart yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian untuk tenik analisis data yang digunakan ialah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kepemimipinan kepala sekolah melalui kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik, serta kepemimipinan kepala sekolah melalui kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik pada Sekolah Dasar gugus V di Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...