Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa melalui kompetensi guru dan kinerja guru di Sekolah Dasar gugus V Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunaka metode survei yang bersifat kausal yang pelaksanaanya dilakukan pada 5 sekolah dasar yang terdapat di Kecamatan Rappocini. Populasi dari penelitian ini ialah guru pada 5 sekolah dasar yang terdapat di gugus V Kecamatan Rappocini sebanyak 103 guru, kemudian untuk sampel dalam penelitian ini sebanyak 82 guru yang diperoleh berdasarkan rumus slovin. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likeart yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian untuk tenik analisis data yang digunakan ialah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kepemimipinan kepala sekolah melalui kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik, serta kepemimipinan kepala sekolah melalui kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik pada Sekolah Dasar gugus V di Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Copyrights © 2024