JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Manajemen Pembiayaan dalam Pengelolaan Lembaga PAUD

Suhardi, Suhardi (Unknown)
Amalia, Wanda Aisyah (Unknown)
Najah, Eka Safiatun (Unknown)
Rahmadhani, Difia (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen pembiayaan dalam pengelolaan di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tujuan utamanya adalah untuk memahami tentang manajemen pembiayaan yang terdiri dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi keuangan di PAUD. Tujuan lain dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sumber-sumber pembiayaan yang digunakan oleh Lembaga PAUD yang meliputi bantuan pemerintah, iuran orang tua atau sumber pendanaan lainnya, dan bagaimana Lembaga PAUD menggunakan dana yang dimiliki seperti pengeluaran untuk gaji guru, fasilitas, bahan ajar, atau kebutuhan operasional lainnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Library Research dengan memgumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan dengan objek penelitian. Pentingnya penelitian ini karena manajemen pembiayaan yang efektif sangat penting untuk keberlanjutan dan kualitas layanan pendidikan di lembaga PAUD. Dengan memahami bagaimana dana dikelola, lembaga PAUD dapat mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk memberikan pendidikan berkualitas bagi anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar lembaga PAUD masih bergantung pada iuran orangtua dan bantuan pemerintah sebagai sumber utama pembiayaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen pembiayan yang baik sangat penting bagi keberlangsungan manajemen pembiayaan yang dilakukan secara testuktur dan transparan yang merupakan kunci dalam meningkatkan kualitas pengelolaan Lembaga PAUD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...