JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan Model Discovery Learning Berbasis Nilai Karakter 5T untuk Meningkatkan Adversity Quotient pada Siswa SDN Pakis V Surabaya

Indrayana, Virginia Leonar (Unknown)
Jarmani, Jarmani (Unknown)
Larasati, Diyas Age (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model Discovery Learning berbasis nilai karakter 5T untuk meningkatkan Adversity Quotient (AQ) siswa kelas 5 di SDN Pakis V Surabaya. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Observasi awal menunjukkan bahwa siswa cenderung menghafal rumus tanpa memahami konsep matematika, sehingga menyebabkan AQ yang rendah. Model yang dikembangkan terbukti valid dan efektif berdasarkan penilaian ahli dan respon siswa, serta menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dari pre-test hingga post-test. Validasi oleh ahli produk dan materi menunjukkan kelayakan yang tinggi dengan rata-rata nilai 88,7% dan 92,5%, sedangkan respon siswa terhadap model ini sangat positif dengan rata-rata nilai 92,4%. Kesimpulannya, model Discovery Learning berbasis nilai karakter 5T efektif dalam meningkatkan AQ siswa, membuat mereka lebih aktif dan kritis dalam belajar matematika, serta meningkatkan hasil belajar mereka secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...