Penelitian ini bertujuan mengembangkan model Discovery Learning berbasis nilai karakter 5T untuk meningkatkan Adversity Quotient (AQ) siswa kelas 5 di SDN Pakis V Surabaya. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Observasi awal menunjukkan bahwa siswa cenderung menghafal rumus tanpa memahami konsep matematika, sehingga menyebabkan AQ yang rendah. Model yang dikembangkan terbukti valid dan efektif berdasarkan penilaian ahli dan respon siswa, serta menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dari pre-test hingga post-test. Validasi oleh ahli produk dan materi menunjukkan kelayakan yang tinggi dengan rata-rata nilai 88,7% dan 92,5%, sedangkan respon siswa terhadap model ini sangat positif dengan rata-rata nilai 92,4%. Kesimpulannya, model Discovery Learning berbasis nilai karakter 5T efektif dalam meningkatkan AQ siswa, membuat mereka lebih aktif dan kritis dalam belajar matematika, serta meningkatkan hasil belajar mereka secara keseluruhan.
Copyrights © 2024