Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media Idol Mystery Card dalam pembelajaran teks biografi untuk peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Analisis data penelitian ini dilakukan secara informal. Adapun hasil penerapan media Idol Mystery Card dalam materi teks biografi dapat membuat pembelajaran menjadi interaktif dan menyenangkan. Penerapan media Idol Mystery Card dilakukan melalui tahap-tahap berikut: (1) Berkelompok, (2) mengikuti kuis, (3) memilih box yang berisi clue Idol Mystery Card, (4) menjawab clue, (5) menindaklanjuti clue dalam LKPD, (6) menampilkan dalam talk show. Respons peserta didik terhadap penerapan media Idol Mystery Card sangat antusias. Mereka bersemangat dalam mengikuti serangkaian kegiatan belajar. Perolehan hasil belajar juga sangat memuaskan dengan rata-rata nilai 87, di atas KKTP mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 6 Semarang sejumlah 70.
Copyrights © 2024