Pembelajaran kaligrafi merupakan implementasi kemampuan maupun potensi serta kemahiran dalam penulisan bahasa Arab. Namun penulisan kaligrafi tidak hanya menuliskan seni keindahan bahasa Arab saja, akan tetapi terdapat tinjauan lain yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan kemampuan dan minat maupun keterampilan mahasiswa/i dalam menuliskan seni kaligrafi serta kaidah-kaidah yang benar dalam penulisan khat bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa/i kalangan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) pendidikan bahasa Arab (stambuk 2022), sedangkan objek penelitian ini berupa objek material dan objek dari hasil studinya. Penelitian difokuskan pada permasalahan yang berkaitan pada tingkat kesulitan dan kemudahannya dalam menuliskan khat (kaligrafi) bahasa Arab. Data ini diperoleh dengan wawancara yang terstruktur yaitu studi kepustakaan maupun dokumentasi hasil penelitian, kemudian hasil penelitian ini berupa: penulisan kaligrafi dengan cara psikomotorik yang artinya keterampilan mahasiswa dalam menuliskan kaligrafi dan penulisan kaligrafi dengan cara kognitif yaitu terkait kecerdasan Mahasiswa serta idenya penulisan kaligrafi didasarkan dengan afektif yakni emosional, karakter maupun akhlak.
Copyrights © 2024