JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Kemampuan Ilmu Kaligrafi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Hartono, Hamidah (Unknown)
Syahputri, Adinda (Unknown)
Bulqis, Isna (Unknown)
Nst, Abdi Sampurna (Unknown)
Tanjung, Dara Afjunita (Unknown)
Nasution, Sakholid (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Pembelajaran kaligrafi merupakan implementasi kemampuan maupun potensi serta kemahiran dalam penulisan bahasa Arab. Namun penulisan kaligrafi tidak hanya menuliskan seni keindahan bahasa Arab saja, akan tetapi terdapat tinjauan lain yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan kemampuan dan minat maupun keterampilan mahasiswa/i dalam menuliskan seni kaligrafi serta kaidah-kaidah yang benar dalam penulisan khat bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa/i kalangan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) pendidikan bahasa Arab (stambuk 2022), sedangkan objek penelitian ini berupa objek material dan objek dari hasil studinya. Penelitian difokuskan pada permasalahan yang berkaitan pada tingkat kesulitan dan kemudahannya dalam menuliskan khat (kaligrafi) bahasa Arab. Data ini diperoleh dengan wawancara yang terstruktur yaitu studi kepustakaan maupun dokumentasi hasil penelitian, kemudian hasil penelitian ini berupa: penulisan kaligrafi dengan cara psikomotorik yang artinya keterampilan mahasiswa dalam menuliskan kaligrafi dan penulisan kaligrafi dengan cara kognitif yaitu terkait kecerdasan Mahasiswa serta idenya penulisan kaligrafi didasarkan dengan afektif yakni emosional, karakter maupun akhlak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...